Rabu, 11 Maret 2015

kelebihan cara menyambung dan kekurangan instalasi kabel fiber optik

Kelebihan cara menyambung kabel fiber optik (fiber optik)

Instalasi kabel fiber optik (fiber optic) dan cara menyambung kabel fiber optik (fiber optic) mempunyai kemampuan membawa lebih banyak informasi dan mengantarkan informasi dengan lebih akurat dibandingkan dengan kabel tembaga dan kabel coaxial.
instalasi kabel fiber optik (fiber optic) dan cara menyambung kabel fiber optik (fiber optic) mendukung data rate yang lebih besar, jarak yang lebih jauh dibandingkan kabel coaxial, sehingga menjadikannya ideal untuk transmisi serial data digital.

Instalasi kabel fiber optik (fiber optic) kebal terhadap segala jenis interferensi, termasuk kilat, dan tidak bersifat mengantarkan listrik. Sehingga Instalasi kabel fiber optic (fiber optik) tidak berpengaruh terhadap tegangan listrik, tidak seperti kabel tembaga yang bisa lossing data karena pengaruh tegangan listrik.

Sebagai dasarnya instalasi kabel fiber optic (fiber optik) dibuat dari kaca, tidak dipengaruhi oleh korosi dan tidak berpengaruh pada zat kimia, sehingga instalasi kabel fiber optic (fiber optik) tidak akan rusak kecuali kimia pada konsentrasi tertentu.

Karena yang dikirim adalah signal cahaya, maka pada instalasi kabel fiber optik (fiber optic) tidak ada kemungkinan ada percikan api bila serat atau kabel tersebut putus. Selain itu instalasi kabel fiber optic (fiber optik) juga tidak menyebabkan tegangan listrik dalam proses perbaikannya bila ada kerusakan.

Instalasi kabel fiber optic (fiber optic) tidak terpengaruh oleh cuaca. Instalasi kabel fiber optic (fiber optic) walaupun memiliki banyak serat pada satu kabel namun bila dibandingkan terhadap kabel coaxial dan kabel tembaga akan lebih kecil dan lebih bercahaya bila diisi dengan muatan informasi yang sama. Lebih mudah dalam penanganan dan pemasangannya.

Instalasi kabel fiber optic (fiber optic) lebih aman digunakan dalam sistem komunikasi, sebab Instalasi kabel fiber optic (fiber optic) lebih susah disadap namun mudah di-monitor. Bila ada gangguan pada instalasi kabel fiber optic (fiber optic) – ada yang menyadap sistem instalasi kabel fiber optic (fiber optic) – maka muatan informasi yang dikirim akan jauh berkurang sehingga bisa cepat diketahui dan bisa cepat ditangani.


kekurangan instalasi kabel fiber optic dancara menyambung kabel fiber optik

1. Biaya yang mahal untuk cara menyambung kabel fiber optik (fiber optic) dan peralatan instalasi kabel fiber optic (fiber optik).
2. Instalasi kabel fiber optic (fiber optik) perlu konversi data listrik ke Cahaya dan sebaliknya yang rumit.
3. Cara menyambung kabel fiber optik (fiber optic) juga Instalasi kabel fiber optic (fiber optik) juga perlu peralatan khusus dalam prosedur pemakaian dan pemasangannya.
4. Untuk perbaikan instalasi kabel fiber optic (fiber optik) dan cara menyambung kabel fiber optik (fiber optic) yang kompleks perlu tenaga yang ahli di bidang instalasi kabel fiber optic(fiber optik).
5. Selain instalasi kabel fiber optic (fiber optik) merupakan keuntungan, sifatnya kabel fiber optic (fiber optik) yang tidak menghantarkan listrik juga merupakan kelemahannya, karena kabel fiber optic (fiber optik) musti memerlukan alat pembangkit listrik eksternal.
6. Instalasi kabel fiber optic (fiber optik) bisa menyerap hidrogen yang bisa menyebabkan loss data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar